Home » Artikel Kesehatan » Mengenal Lebih Dalam Mengenai Alat Pacu Jantung atau Pacemaker
Advertisement

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Alat Pacu Jantung atau Pacemaker merupakan alat yang berukuran kecil bertenaga baterai yang di tanamkan di bawah kulit dada pada daerah yang berdekatan dengan jantung. Pacemaker ini di gunakan untuk mengontrol denyut jantung seseorang.  Biasanya pemasang pacemaker ini di lakukan oleh dokter spesialis bedah toraks kardio vaskular yang sudah memiliki banyak pengalaman pastinya. Pemasangan pacemaker merupakan prosedur tindakan yang aman dan proses pemasangannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

Yang menjadi pertanyaan banyak orang kapankah pacemaker ini di gunakan? Sebenarnya jantung manusia sendiri memiliki pacemaker alami yang di sebut nodus sinoatrial. Nodus ini tergabung dalam suatu sistem elektrik yang mengontrol otot jantung sehingga jantung dapat berdenyut dengan irama yang teratur dan efisien. Gangguan pada sistem ini dapat mengakibatkan ganguan irama jantung yang di sebut aritmia. Denyut jantung yang lambat biasa di sebut dengan bradiaritmia, sedangkan denyut jantung yang cepat di sebut takiaritmia. Biasanya pemasangan alat paacu jantung ini di lakukan pada pasien yang memiliki denyut jantung yang lamban.

pacemaker

Ada beberapa penyebab jantung ini memiliki gangguan irama:

  1. Usia lanjut
  2. Serangan jantung
  3. Kelainan jantung bawaan

Cara Kerja Alat Pacu Jantung Pacemake

Alat pacu jantung ini bekerja melalui 2 cara, yakni :

  1. Menganalisa fungsi ari sitem elektrik jantung
  2. Mengirimkan sinyal elektrik berkekuatan rendah untuk memerbaiki sistem elektrik jantung bila tidak fungsi dengan normal.

Pemasangan alat ini di lakukan dengan melakukan pembedahan kecil yang dapat di lakukan dengan bius total maupun bius umum. Lead dimasukkan ke dalam pembuluh darah di bawah tulang selangka dan di teruskan menuju jantung dengan panduan x-ray kemudian lead di hubungkan dengan generator yang di tanamkan di bawah kulita daerah dada.

alat pacu jantung pacemaker

Setelah pacemaker di pasang ada beberapa hal yang di lakukan oleh pasien sendiri :

  1. -Pasien akan di rawat selama 1 – 2 hari setelah pemasanan dan akan disetting sebelum pasien pulang ke rumah
  2. Pasien sebaiknya tidak mengangkat lengan melebihi bahu atau mengangkat barang yang berat selama minimal 1 bulan pertama. Ini di laukan untuk mengurangi rasa sakit di daerah pacemaker tersebut di pasang.
  3. Setelah pemasangan, pasien langsung dapat beraktivitas dengan normal dan pastinya keadaan akan jauh lebih baik dari saat sebelum menggunakannya.
  4. Keluhan yang biasa di rasakan oleh pasien setelah pemasangan alat ini adalah rasa nyeri di daerah pemasangan pacemaker dan rasa nyeri ini dapat di atasi dengan mengunakan obat – obatan analgetik atau penghilang rasa sakit
  5. Evaluasi pacemaker sebaiknya rutin di lakukan 2 0- 3 bulan seklai. Ini berguna untuk memeriksa fungsi dari pacemaker apakah masih sesuai yang di inginkan.

Beberapa hal yang bisa menggangu fungsi kerja pacemaker :

  1. Penggunaan HP yang terlalu lama
  2. Detektor logam di bandara, makk atau hotel
  3. Pemeriksaan penunjang medis seperti magnetic resonance imaging (MRI), terapi radiasi, elektro shock wave lithotripsu atau alat pemecah batu ginjal dengan gelombang getar.

Ada satu hal yang perlu di ketahui apabila sebelum melakukan tindakan apapun sebaiknya berkonsultasi dengan dokternya terlebih dahulu.

Sebenarnya pemasangan alat pacu ini pastinya pada jantung kita memiliki masalah, sehingga sebelum terjadi hal – hal yang tidak di inginkan jita harus waspada dan wajib menjaganya. Caranya pasti dengan pola hidup yang sehat, rajin berolah raga, minum suplemen, tidak merokok atau minuma2 keras dan lainnya.

Untuk suplemen anda bisa memilih PROARGI 9 Plus dari synergy yang sangat bagus sekali merawat dan menjaga kerja jantung dan sistem pembuluh darah.. Sehingga aliran darah dan kerak yang ada pun isa di buang dan menjadi normal kembali.

proargi 9 plus synergy

Pencarian terbaru : alat pacu jantung, pacemaker jantung, alat pemacu jantung, prinsip kerja alat pacu jantung, artıkel mengenai alat pacu jantung, cara kerja alat pacu jantung, alat pacu, alat pacu jantung disebut, apa fungsi alat picu jantung, cara kerja pacemaker
HTML tutorial

Related Post Mengenal Lebih Dalam Mengenai Alat Pacu Jantung atau Pacemaker