Home » Tips Diet » Cara Praktis Diet Bagi Penderita Penyakit Ginjal
Filed: Tips Diet
Advertisement

Cara Praktis Diet Bagi Penderita Penyakit Ginjal – Seperti yang di utarakan oleh dr. Graciela Regina mengatakan bahwa diet pada penderita penyakit ginjal ini betujuan untuk menjaga keseimbangan elektrolit, mineral dan cairan pada penderita gagal ginjal dan membatasi jumlah zat yang tersisa di dalam tubuh. Cara pengaturan untuk diet pastinya menyesuaikan dengan seberapa parah gangguan fungsi ginjal seseorang. Maka dari itu harus di konsultasikan dengan dokter yang merawatnya.

Cara Praktis Diet Bagi Penderita Penyakit Ginjal

Secara umum yang harus di perhatikan dalam menjalankan diet bagi penderita ginjal adalah :

  1. Menyeimbangkan Konsumsi Protein
    Protein ini penting pastinya untuk proses pembentukan otot, lalu memperbaiki jaringan yang rusak dan melawat infeksi. Asupan protein yang sesuai akan membuat tubuh mendapatkan protein yang cukup tanpa menghasilkan sisa (urea) yang berlebih dan ini akan memperberat kerja ginjal. Protein hewani berasal dari telur, ikan, daging, keju dan juga susu. Sedang untuk protein nabati berasal darikacang – kacangan dan biji – bijian.
  2. Kurangi Konsumsi Garam
    Untuk mencegah timbunan cairan dalam tubuh dan juga membantu mengontrol tekanan darah harus membatasi komsumsi garam sampai 4-6 gr perhari.
  3. Batasi Asupan Cairan
    Untuk stadium awal tidakperlu untuk membatasi asupan cairan yang masuk, tetapi saat fungsi ginjal sudah memburuh dan pasien menjalani dialisis (cuci darah) pasien akan menghasilkan urine dalam jumlah yang sedikit atau bahkan tidak sama sekali. Ini menyebabkan timbunan cairan di jantung, paru – paru juga tungkai.
  4. Batasi asupan fosfor
    Tujuan dengan membatasi fosfor adalah gua menjaga kesehatan tulang. Kelebihan fosfor dalam darah ini akan menyebabkan kalsium berkurang sehingga tulang menjadi rapuh. COntoh makanan yang tinggi fosfor seperti susu, telur, keju, yoghurt, biji – bijian atau minuman bersoda.
  5. Batasi asupan kalium
    Tujuan pembatasan kalium adalah di karenakan ginjal yangsudah rusak tidak mampu membuangnya dari dalam tubuh. Kalium yang tinggi bisa menyebabkan irama jantung tidak normal bahkan dapat mengakibatkan kematian. Beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan kalium seperti pisang, jeruk, kiwi, kismis, kentang, asparagus, tomat juga labu.
  6. Jaga Asupan Kalori Untuk Selalu Cukup
    Tujuan asupan kalori yang cukup adalah untuk mencegah penghancuran jaringan tubuh yang sudah ada. Apabila memiliki berat badan yang berlebih makan harus mengurangi karbohidrat. Lemak dapat menjadi sumber kalori yang baik bagi tubuh. Pastikan lemak yang di konsumsi ini masuk dalam golongan monounsaturated dan polyunsaturated, contohnya minyak zaitun. ini sangat berguna membantu melindungi pembuluh darah.
  7. Jaga Asupan Zat Besi
    Biasanya pasien penderita gagal ginjal kronis itu mengalami anemia dan sangat membutuhkan suplemen zat besi. Contoh makanan yang mengandung zat besi itu seperti hati, daging sapi, daging ayam, dan sereal.

Itulah semua tips untuk diet bagi penderita ginjal. Bila anda masih ragu segera saja konsultasi dengan dokter kepercayaan anda. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk semua. Amin.

HTML tutorial

Related Post Cara Praktis Diet Bagi Penderita Penyakit Ginjal

Menu Diet Detox 3 Hari Dengan Buah Nanas

Cara Diet Cepat Kurus Dengan Obat Pelangsing Acaiberry

Tips Cara Diet Sehari-hari Dengan Pola Hidup Sehat

Bagaimana cara diet cepat dan alami dalam waktu 3 hari?

Tips Diet Dalam Satu Bulan Agar Tubuh Tetap Bugar